TANTANGAN PENDIDIKAN MENUJU TAHUN 2020

I.    Perlu dilakukan perubahan paradigma, yaitu

1.      Pendidikan bukan lagi penyeragaman

2.      Pengembangan kemampuan dan potensi berbasis individual

3.      Pengembangan nilai – nilai lebih utama

4.      Multiple Intelegence (kecerdasan ganda) harus menjadi dasar pengembangan kemampuan belajar untuk hidup.

5.      Holistic Child Development (Pengembangan anak secara holistic / menyeluruh) merupakan langkah dasar pengembangan pendidikan.

6.      Human Development (pengembangan manusia ) menjadi ukuran utama untuk mencapai peran budaya.

7.      Sumber Belajar tidak lagi terpusat di guru dan sekolah.

8.      Penilaian dan Konsep Kualitas tidak bisa diterapkan sepihak.

II.                Perubahan paradigma tersebut perlu didukung dengan peningkatan kualitas guru

 

III.             Intinya adalah bagaimana agar pendidikan mampu mengembangkan kemampuan anak didik menghadapi dan memecahkan problema kehidupan secara arif dan kreatif.

 

(Sumber : Grand Design Pendidikan Kota Surabaya Menuju tahun 2020)

Posted on 24/07/2012, in NEWS and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Komentar disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: